13 Agustus 2008

Mengajarkan Membaca dan Menulis

Mengajarkan membaca, menulis dan berhitung kepada anak bukan persoalan mudah. Meski pun sejak berakhirnya jaman prasejarah, kemampuan membaca dan menulis dimiliki manusia, dan sejak itu pula kemampuan membaca dan menulis, serta berhitung diajarkan. Bahkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung pernah menjadi dan tetap menjadi fokus pendidikan di segala jaman. Tidak terhitung jumlah para ahli dari jaman ke jaman yang merumuskan bagaimana cara mengajarkan membaca dan menulis serta berhitung.
Jika demikian mengapa pemerintah menghimbau untuk tidak mengajarkan membaca dan menulis serta berhitung pada anak usia dini? Ada apa dibalik himbauan ini? Alasannya sederhana, pengajaran membaca dan menulis yang dilakukan sejak dini usia sering dipaksakan. Anak yang belum siap menguasai kemampuan membaca dan menulis, jika dipaksakan berakibat buruk pada perkembangan mereka lebih lanjut. Anak menjadi enggan atau bahkan takut membaca sebagai akibat dari tertekannya anak saat belajar membaca, bisa juga karena anak sulit memahami apa yang dibaca (karena anak hanya belajar mengeja), atau anak merasa capek menggerakkan kepala (bukan bola mata) saat membaca. Dampak dari tidak suka membaca pada anak dini, mempersulit kita untuk meningkatkan kecerdasan anak dan tahapan perkembangan berikutnya. Sebab membaca dan juga menulis merupakan bagian dari kemampuan berkomunikasi yang merupakan pintu kecerdasan.

Membaca Merupakan Kegiatan Kompleks
Kemampuan untuk membaca (dan menulis) tidak dimulai dengan mengenalkan abjad kepada anak. Jauh sebelum anak
mengenal abjad, anak harus menguasai banyak kemampuan dasar yang diperlukan untuk menguasai kemampuan membaca dan menulis. Anak akan mendapatkan kesulitan mengenali abjad jika anak belum dapat membedakan bentuk. Setiap abjad tidak sama bentuknya. Pengetahuan bahwa tulisan mewakili sesuatu (bermakna) harus dipahami sebelum anak belajar merangkai abjad. Tanpa pemahaman ini penguasaan kosa kata yang juga menjadi dasar untuk berkomunikasi akan melambat. Jika sudah demikian kemampuan belajar anak akan menurun karena anak semakin sulit memahami isi pesan yang disampaikan orang lain, lisan maupun tulisan.
Tingkat kemampuan anak untuk membaca dan menulis ditentukan sejak lahir. Anak yang bermasalah dengan pendengarannya sejak lahir akan mendapatkan kesulitan yang luar biasa untuk dapat belajar membaca dan menulis. Respon terhadap suara harus distimulasikan sejak anak lahir. Berangkat dari mengenali suara, menggerakkan bola mata mengikuti gerakan benda, menoleh saat namanya dipanggil, meraban/mengeluarkan suara-suara merupakan kemampuan dasar awal berkomunikasi yang harus distimulasikan sebelum anak berusia enam bulan. Kemampuan awal berkomunikasi ini berpengaruh besar terhadap kecepatan anak menguasai kemampuan membaca.
Tahapan berikutnya adalah mengenali benda-benda di sekitarnya. Sebutkan nama-nama dari benda yang dilihat anak untuk mengembangkan penguasaan kosa kata anak sekaligus konsep. Ini diperlukan karena setiap kosa kata selalu memiliki atau mewakili makna/arti tertentu. Pada saat anak mengenali benda, selain nama dari benda dimaksud, anak juga mempelajari bentuk, tekstur, warna, ukuran, rasa dan bau, serta lebih jauh kegunaan benda. Pada tahapan ini selain mempelajari kosa kata dan konsep, anak juga belajar dasar-dasar matematika. Tanpa pemahaman adanya konsep dalam setiap kosa kata, anak akan kesulitan menyampaikan keinginan melalui kata-kata, anak juga akan mendapatkan kesulitan untuk memahami pembicaraan orang lain.
Setelah anak dapat berkomunikasi secara lisan, pemahaman bahwa simbol-simbol (termasuk tulisan) mewakili sebuah makna harus distimulasikan. Harus juga dipahamkan bahwa kata-kata yang diucapkan dapat ditulis dan dibacakan kembali. Tahapan yang sering disebut dengan labeling ini ditunjukkan oleh kemampuan anak mengenali sebuah tempat dengan melihat bentuk logo yang ada di tempat itu. Anak secara cepat menyebutkan nama sebuah super market pada saat matanya melihat logo super market yang ada. Inilah saat yang tepat memperkenalkan tulisan.
Pada tahapan labeling ini anak mulai belajar menulis, dimulai dengan bentuk abjad yang terbalik dan tidak lengkap, kemudian menjadi bentuk yang lebih sempurna meskipun rangkaian abjad yang dituliskan masih sering tidak lengkap (misalnya ditulis ”al” atau ”apl” untuk ”apel”). Kemampuan menulis ini pun memerlukan serangkaian kemampuan lainnya. Mulai dari kemampuan untuk menggunakan jari penjepit (ibu jari dan telunjuk), cara memegang pensil (tidak digenggam), kelenturan pergelangan tangan, koordinasi mata dengan tangan, dan koordinasi tangan (lengan-telapak tangan-jari) itu sendiri.

Metode yang Tepat
Kompleknya kemampuan membaca dan menulis ini menyebabkan orangtua dan juga pendidik kesulitan untuk mengajarkan kemampuan ini secara tepat. Sebelum membahas metode mana yang paling tepat, perlu sedikit memahami berbagai metode yang saat ini sedang populer di Indonesia.
1. Metode cantol. Dengan metode ini anak dikenalkan dengan sebuah suku kata yang terdiri atas satu konsonan yang dirangkai dengan lima vokal (BA, BI, BU, BE, BO). Disini anak diminta merangkai suku kata, tanpa harus memperhatikan kata yang dibuat memiliki arti atau tidak. Dengan metode ini anak akan cepat menghafal bentuk abjad, sehingga dengan cepat mengeja. Kelemahannya kemampuan membaca anak menjadi lambat, karena anak sulit memahami arti yang dibaca dan dalam jangka panjang merugikan anak. Sebagaimana kita ketahui, “kata” merupakan simbol atas sesuatu (benda, sifat, kerja, dsb), bukan sekedar rangkaian abjad, sehingga kata yang tidak bermakna (contoh: BOBA) akan memperlambat penguasaan kosa kata dan konsep sehingga menghambat kecerdasan lainnya (ingat kemampuan berkomunikasi merupakan pintu kecerdasan). Kata yang tidak bermakna juga akan membuat anak malas membaca karena anak sulit/tidak paham akan tulisan yang mereka eja.
2. Metode SAS. Mula-mula anak dikenalkan kalimat, dari kalimat diurai ke kata, dari kata menjadi suku kata, dari suku kata menjadi abjad, kemudian dari abjad dijadikan suku kata, dari suku kata menjadi kata, kembali dari kata menjadi kalimat. Contoh populer: (1) ini budi (2) budi (3) bu-di (4) b-u-d-i (5) bu-di (6) budi (7) ini budi. Pada metode ini kata yang dijadikan contoh umumnya kata yang bermakna, anak merangkai kalimat dari kosa kata yang telah dikenalnya. Pada saat yang bersamaan, anak harus melakukan sedikitnya 7 kegiatan sekaligus sehingga tidak jarang anak menjadi tertekan, disamping tidak memberi kesempatan kepada anak untuk mempelajari kosa kata. Seharusnya, saat anak mempelajari kosa kata, sangat penting dan lebih bermakna bila anak juga diberi kesempatan mempelajari konsep atau makna dari kosa kata.
3. Metode Iqro’. Pada metode ini anak mula-mula dikenalkan dengan abjad (utamanya konsonan) yang kemudian dirangkai dengan vokal (A-I-U-E-O). Pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan dua konsonan dan lima vokal (a, i, u, e, o) disusun menjadi suku kata dan kata. Kelebihan dan kelemahan metode ini hampir sama dengan metode cantol.
4. Metode Glenn Doman. Metode yang sering dikenal dengan mengajarkan bayi membaca ini dilakukan dengan cara secara cepat (2 detik) ditunjukkan kepada anak sekumpulan kartu kata sambil dibaca oleh pendidik. Pada setiap pertemuan dikenalkan sekitar 5 kartu kata dan setiap kartu kata ditunjukkan tiga kali. Ukuran huruf pada kartu kata disesuaikan dengan kemampuan melihat anak (dimulai dari tinggi huruf 7,5-10 cm, 5-7,5 cm, dan 3,5-5 cm) dan kata yang dikenalkan (melalui kartu kata) dimulai dengan kata-kata yang dikenal (orang-orang didekatnya). Meskipun metode ini dapat membuat anak membaca “simbol” lebih cepat, metode ini kurang menarik bagi anak.
Sebelum memilih dan menentukan metode yang tepat, pendidik harus memahami tahapan perkembangan anak yang terkait dengan kemampuan membaca dan menulis.
Anak usia 3-4 tahun secara umum penguasaan kosa kata berkembang pesat, 75-80% kosa kata yang diucapkan dipahami, anak dapat menggunakan 3-5 kata untuk menjelaskan dan menggambarkan sesuatu, anak paham kata yang diucapkan dapat ditulis dan dibacakan kembali sehingga anak senang membuat coretan dengan berbagai media dan lebih terkontrol, dapat mendengarkan cerita lebih lama dan menebak kelanjutan cerita berdasarkan pengalaman mereka, anak suka pura-pura membaca, dan memahami kegunaan tulisan dalam kehidupan (daftar belanjaan, resep). Pada usia ini kegiatan yang tepat untuk mengajarkan baca-tulis-hitung adalah membacakan buku cerita, menggambar dengan menggunakan berbagai alat, (anak) menceritakan isi buku, bermain peran yang banyak berhubungan dengan tulisan, panggung boneka, kegiatan yang melatihkan jari penjepit dan memegang pensil dengan benar, memasak dengan menggunakan buku resep.
Usia 4-5 tahun, anak menggunakan 5-6 kata untuk menjelaskan dan menggambarkan sesuatu, dapat membuat kalimat yang lebih rumit, mulai sadar terhadap perbedaan suara yang dihasilkan dalam bahasa lisan dan yang dapat dimanipulasi, senang mengarang cerita (mengawinkan kenyataan dengan hayalan) dan membuat lagu sendiri, serta mulai tertarik dengan tulisan (mencoba membaca dan coretannya membentuk abjad). Kegiatan yang tepat antara lain menceritakan foto keluarga, menggambar dengan menggunakan berbagai alat/bahan/media, memberi judul atas hasil karyanya, bermain peran yang melibatkan dua anak atau lebih terlibat dalam dialog, menceritakan kartu bergambar yang memperlihatkan sebuah proses atau urutan, meronce dengan pola, panggung boneka, bermain stensil huruf, mencari pasangan, mencari jejak (melatih anak membuat garis), bermain kartu kata, lotto.
Pada usia 5-6 tahun telah menguasai 5.000-8.000 kosa kata, sehingga lebih terampil bercakap-cakap. Anak juga semakin tertarik pada kegiatan yang memerlukan motorik halus seperti menggambar, menulis, menggunting, dan handycraft/kerajinan tangan. Beberapa mulai membaca (anak siap membaca) dan menulis. Selain melanjutkan kegiatan untuk usia sebelumnya, kegiatan yang sesuai untuk usia ini adalah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan daya tahan dan kelenturan tangan untuk menulis (seperti menggambar, menggunting, meronce, dan membuat kerajinan tangan), melatihkan koordinasi tangan dengan mata (misalnya bermain balok unit dan alat mainan manipulatif lainnya), dan mengakrabkan anak dengan buku. Jenis-jenis kegiatan yang berguna untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis diatas, secara terinci akan dibahas dalam tulisan mendatang.

Buku, Buku, dan Buku
Menurut Wells (1981) keberhasilan membaca dan menulis pada pendidikan dasar berhubungan dengan pengalaman anak dengan buku selama usia prasekolah. Wells lebih lanjut menjelaskan selama mengeksplorasi (bukan membaca) buku anak akan memahami bahwa buku itu menyenangkan, anak mempelajari bagaimana kerja buku, dan menyadari bahwa tulis dalam buku mempunyai arti, serta memahami bahwa tulisan dan ucapan (saat buku dibacakan) saling berhubungan. Pengetahuan cara kerja buku membentuk konsep membaca bagi anak, seperti misalnya buku dengan tulisan latin dibaca dari kiri ke kanan dan sebaliknya untuk tulisan arab, kalimat dan kata yang tersusun memiliki makna atau perlu simpulan makna atas kalimat yang tertulis, dan belajar membaca buku dimulai dari tempat tertentu dan berakhir di tempat tertentu.
Kenalkan buku dengan cara dibacakan. Pilihlah buku yang tidak terlalu tebal sebagai buku pertama yang dibacakan dan seiring dengan meningkatnya konsentrasi anak ketebalan buku yang dibacakan ditambah. Tunjukkan kepada anak darimana buku mulai dibaca dan diakhiri. Jangan lupa setelah membacakan buku, diskusikan apa isi buku bersama dengan anak. Biarkan mereka membuat simpulan atas buku yang selesai dibacakan. Berikan juga kesempatan kepada anak untuk memegang dan membuka-buka buku.Setelah mempelajari tahapan diatas jelas bahwa melalui cara bermain dengan kegiatan yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan membaca dan menulis. Tentu saja buku merupakan sarana belajar yang harus ada dan dibiasakan untuk disentuh, dibuka dan dibaca anak. (ekkopadu)

Tidak ada komentar: